Monday, September 20, 2010

Sekolah itu Kebutuhan, Beban, atau Gengsi?


Malem-malem daripada ga ada kerjaan mendingan posting ah... Menyambung cerita kemarin-kemarin kali ini postingan masih tentang dunia anak pelajar, kita akan membahas apa itu sekolah buat kamu.

Sekolah itu sebenernya penting ga sih? Apakah sekolah itu emang jadi kebutuhan? Apa menjadi suatu beban? Apa cuma gengsi biar lebih terpandang?

Sebenarnya kita sekolah itu bertujuan untuk menunjang masa depan kita, so pasti kita emang itu kebutuhan kita. Tapi di Indonesia emang ga bisa dipungkiri kalo sekolah itu terasa sabagai beban bagi sebagian besar siswa. Banyak juga malah yang sekolah cuma buat ajang gengsi-gengsi-an, ini loh gue sekolah di sekolah favorit. Ga penting banget kan?

Jadi, tanamkan lah sebagai mindset kalian kalo sekolah tu emang kebutuhan bukan sebagai beban. Selalu pikirkan masa depanmu, jadi kamu akan selalu semangat sekolah. Jangan terbebani dengan sekolah, pikirkan bagaimana orangtuamu kerja keras untuk nyekolahin kamu sampai banting tulang, lebih besar beban orang tua kamu kan? dan terakhir jangan kamu anggap sekolah itu sebagai ajang gaul-gaul-an, ajang gengsi-gengsi-an, atau geng-geng-an. Bergaya sih boleh-boleh aja, namanya juga anak muda... tapi ya inget ! tugas utama tetep "belajar". Lagian kan percuma aja kalo kamu bangga-bangga sekolah di sekolah favorit, gengsi jadi tinggi, dipandang sama anak sekolah lain, tapi aslinya kamu ngga se-"wah" yang mereka bayangin. Lebih bagus kalo kamu tuh belajar yang bener... jadi kamu bisa menggambarkan image sekolah kamu yang bener-bener favorit karena anaknya pinter-pinter ngga cuma menang gaya. Sekolah yang bagus tuh bukan dinilai dari "gaya" tapi lebih kepada "kualitas".

Well, sekian dulu celotehan saya di malam yang ga ada kerjaan ini. Hahaha. Bye-bye my friends !

1 comments:

genial said...

Pendidikan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk... dus berarti... jelas bahwa sekolah itu merupakan suatu kebutuhan kang iia :)

Post a Comment