Friday, September 17, 2010

Universitas Apa? Jurusan Apa?


Kali ini akan bikin postingan yang agak serius ah. Akhir-akhir ini sering banget kepikiran tentang pertanyaan itu. Habis lulus SMA mau lanjut kuliah kemana? ambil jurusan apa? Wah emang bingung jadi anak sekolahan.

Sebenernya sih masih kelas XI jadi masih ngga harus dikejar dead-line buat cari begituan, tapi alangkah baiknya kalo itu dipikirin sejak sekarang dari pada ntar ntar mendadak malah kacau semua jadinya. Dari SMA ke Perguruan Tinggi itu kan titik balik hidup seorang remaja (menurut aku) karena emang dari anak SMA yang lolak-lolok nyinyak-nyinyik (istilah terkenal dari Pak Hariyanto) yang berarti masih ga serius, ga disiplin, masih ngga tanggung-jawab, ga berpikir panjang, etc kita harus bisa berubah menjadi seorang mahasiswa yang harus benar-benar dipersiapkan di dunia kuliah untuk menjadi seseorang yang berbeda, seorang yang benar-benar disiplin, bertanggung-jawab, berkepribadian, open-minded, dan harus siap menghadapi semua hal-hal baru di dunia yang baru itu juga.

Well kembali ke permasalahan. Masuk kuliah bukanlah hal sepele seperti halnya masuk SD atau SMP karena kuliah inilah yang akan berperan besar untuk masa depan kita ntar. Sebenarnya Universitas mana sih yang bagus? Jurusan apa sih yang prospeknya meyakinkan? itulah yang menjadi pertanyaan. Sebenarnya aku pegen banget dapet informasi-informasi kaya gitu. Udah cari-cari di internet juga udah agak ngerti lah dikit-dikit.

Dari dulu pengennya sih ke ITB ngambil jurusan teknik perminyakan. Tapi belum nemu aja orang yang bisa membimbing apa-apa aja yang harus dipersiapkan, biayanya, dan lain-lain. Aku juga masih bingung tentang ujian masuknya yang katanya emang super sulit... Nah loh.

Dengan ditulisnya postingan ini ya semoga aja ada orang yang mau membantu ngarahin aku ke jalan yang benar (halah koyo opo we ke jalan yang benar LOL) dan sekolahan juga memberikan informasi dan arahan ke siswa-siswinya tentang perguruan tinggi sedini mungkin, jadi kan ngga akan disesali dikemudian hari kalo udah terlanjur salah jurusan.

Okeh, terima kasih telah menyempatkan diri membaca unek-unek ini. Semoga aja ada yang membantu beneran. Bye bye !



2 comments:

Naufa Muna said...

monyet.. kirain postingan elo juga ngasi solusi ke pembaca..
malah nanya ke readers.. grrr~

M. Helmi Akbar W. said...

Ah elo mah emon, gue kasih tips jadi mahasiswa deh next post.

Post a Comment